Senin, 11 Februari 2013

Enlargement Gingiva


Pembesaran gingival juga dikenal sebagai hiperplasi atau hipertropi gingival didefinisikan sebagai pertumbuhan jaringan gingiva yang tidak normal. Penyebabnya adalah

Pembesaran ginigiva karena inflamasi
Pembesaran gingival dapat lokal atau general dan merupakan respon inflamasi yang biasanya terjadi ketika plak berakumulasi pada gigi. Dalam kebanyakan kasus, pasien tidak melakukan kebersihan mulut yang efektif. Gusi yang terserang kondisi ini seringkali lunak, halus, merah dan mudah berdarah. Kondisi ini dapat diatasi dengan praktek kebersihan mulut yang efektif untuk menghilangkan plak dan iritan lain ada gigi.

Pembesaran gingival berhubungan dengan obat
Pasien yang menggunakan obat tertentu dapat memicu timbulnya pembesaran ginigva. Gambaran klinisnya jaringan ginigiva tidak lunak, warnanya pink pucat dan tidak mudah berdarah. Dalam kasus yang parah, ginigiva menutup mahkota gigi dan menyebabkan penyakit periodontal. Keadaan ini dapat ditanggulangi dengan penghentian pemakaian obat. Namun, apabila penghentian konsusmsi obat tidak dapat dilakukan diperlukan operasi penghilangan dari kelebihan ginigiva (gingivektomi). Kondisi ini bergantung pada tingkat akumulasi plak pada gigi, keparahannya dapat dikurangi dengan kebersihan mulut yang efektif.
Obat yang dapat menyebabkan pembesaran gingival
  1. Phenytoin (antikonvulsan)
  2. Cyclosporine (imunosupressan yang digunakan untuk mencegah penolakan organ setelah transplantasi, dermatitis atopic, arthritis rheumatoid, dan sindrom nefrotik)
  3. Calcium channel blocker (obat kardiovaskuler yang digunakan untuk mengontrol kondisi hipertensi,nyeri dada dan detak jantung yang tidak beraturan, contohnya nifedipine, amlodipine dan verapamil)

Hereditary Gingival Fibromatosis
Keadaan ini merupakan keadaan yang jarang dijumpai pada masa anak-anak. Kondisi ini dapat terjadi general atau lokal, gingival tidak lunak, pembesaran gingival dengan warna pink pucat. Seringkali operasi penghilangan gingival dilakukan untuk mencegah impaksi dan displacement gigi. Pengulangan operasi mungkin diperlukan karena sering kambuh.

Penyakit sistemik yang menyebabkan pembesaran gingival
Terdapat berbagai macam kondisi sistemik yang data memicu pembesaran gingiva, seperti kehamilan, ketidakseimbangan hormon dan leukemia. Sama halnya dengan pembesaran ginigiva yang berhubungan dengan obat, kebersihan mulut yang efektif dapat mengurangi risiko pembesaran gingival.

Daftar Pustaka
Anonim, Patient Information Sheet: Gingival Enlargement, The American Academy of Oral Medicine, p. 1-4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar